Buy Now

Thursday, April 11, 2019

Fitur Keren Facebook yang akan Aktif ketika kamu Meninggal


Memikirkan soal kematian kita nanti ketika masih muda emang hal yang tabu banget. Tetapi nggak ada salahnya kalau kita berfikiran "mau ngasih warisan apa nanti ke keturunan kita?", kalo kita udah dipanggil yang Maha kuasa. Mungkin kamu ngasih warisan koleksi-koleksi antik, atau mungkin motor tua peninggalan kamu waktu masih kuliah atau mungkin uang ratusan juta?. Apapun, boleh. Tapi pernah nggak kepikiran, apa yang bakal terjadi dengan akun Facebookmu? Siapa yang bakal ngurus?

Nah, buat kamu yang belom tahu, Facebook sekarang punya fitur keren yang didedikasikan khusus untuk permintaan terakhirmu kalo nanti kamu "nggak bisa Facebook-an lagi selamanya", Untuk itu kita harus Mensettingnya terlebih dahuli.

1. Kamu bisa memilih untuk Menghapusnya selamanya, atau memilih "Memorial mode"


Masuk ke Settings > Privacy > Legacy Contact, dan kamu bisa memilih untuk menghapus akunmu secara permanen setelah kamu "pergi". Setelah Facebook tahu mengenai kematianmu, akunnya bakal langsung hilang.

Atau kamu juga bisa memilih "memorial mode". Dalam mode ini, halaman Facebook mu nggak akan muncul untuk public (ads, reminder ultah, "people you may know", dll), tapi masih bisa dilihat oleh temen-temenmu, dan mereka masih bisa ngepost yang baik-baik tentang kamu.


Jadi siapa yang bakal menjalankan mode memorial itu? Seorang "legacy contact" yang udah kamu pilih. Legacy contact tuh kayak orang yang bakal melaksanakan permintaan terakhirmu. Mereka nggak bisa log in ke akun Facebookmu, tapi mereka bakal mantau tempat terakhir digitalmu.

Hak akses nya pun cuma terbatas dari meng-pin sebuah post ke profile (kayak pesan terakhir atas namamu, atau info mengenai berita duka dan persemayaman), dan mengupdate foto profile dan cover. Kamu juga bisa memberi mereka akses untu download copy dari apa yang udah kamu share di Facebook, kalo kamu setuju. Dan nggak perlu khawatir bakalan ada hal konyol atau memalukan yang bakal muncul setelah kepergianmu, karena mereka nggak bisa membaca semua pesan yang udah kamu kirim ke temen-temenmu.

Facebook otomatis akan mengirim pesan ke "ahli waris"mu nanti setelah kamu milih mereka, dan kalo kamu nggak ngasih tahu mereka sebelumnya, mereka pasti kaget banget. Lebih baik dikasih tau dulu kalo kamu milih dia sebagai ahli waris kamu.



EmoticonEmoticon